Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Pengertian Hari Tasyrik Menurut Islam dan Hukum Berpuasa di Hari Tasyrik

Pengertian Hari Tasyrik dan Hukum Berpuasa di Hari Tasyrik




Pengertian Hari Tasyrik dan Hukum Berpuasa di Hari Tasyrik


Hari Tasyrik adalah hari kemuliaan bagi umat Islam adalah tanggal 11, 12 dan 13 dzulhijjah, pada hari itu para peziarah melakukan ritual melempar kerikil, dan hari ketika umat Islam di seluruh dunia sibuk membantai hewan kurban.
Seharusnya tidak berpuasa pada hari Tasyriq menurut sebagian besar pendapat ilmiah. Alasannya adalah karena Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, أيام التشريق أيام أكل وشرب

“Hari ini adalah hari-hari Tasyrik makan dan minum. "An Nawawi rahimahullah menempatkan hadis ini di Sahih Muslim dalam bab" haraam untuk berpuasa pada hari Tasyriq ".

Seorang Nawawi rahimahullah dalam Al Minhaj Sharh Sahih Muslim berkata, ”Masa-masa Tasyriq adalah tiga hari setelah Idul Adha. Hari Tasyriq termasuk dalam ‘ied. Hukum yang berlaku pada hari 'Idul Fitri juga berlaku pada hari Tasyriq mayoritas, seperti halnya Tasyriq memiliki persamaan waktu penyembelihan kurban, diharamkannya puasa dan dianjurkan untuk bertakbir ketika itu. ”

Hari ini Tasyriq menyebutkan Tasyriq (yang berarti: akan datang) sebagai daging kurban yang dikeringkan di bawah sinar matahari dan ketika disebarkan.

Imam Malik, Al Auza’i, Ishaq, dan Imam ash-Syafi'i dalam pendapatnya menyatakan bahwa seseorang harus berpuasa pada hari orang yang tamattu Tasyriq 'jika ia tidak memperoleh al hadyu (pemotongan korban). Tetapi untuk menjaga mereka terpisah tidak diperbolehkan berpuasa ketika itu.Dalil pendapat ini adalah sebuah hadits di Sahih Al Bukhari dari Ibn 'Umar dan' A'isha, mereka berkata,

لم يرخص فى أيام التشريق أن يصمن, إلا لمن لم يجد الهدى

”Pada hari Tasyriq tidak diberikan keringanan untuk berpuasa kecuali untuk orang yang tidak mendapatkan al hadyu ketika itu. ”

Hari Id Tasyrik termasuk Muslim seperti dalam hadits

يوم عرفة ويوم النحر وأيام التشريق عيدنا أهل الإسلام وهى أيام أكل وشرب ”Hari Arafah, hari Idul Adha, dan hari-hari Tasyrik adalah 'en-us - Muslim. Hari (Idul Adha dan hari Tasyrik) adalah hari untuk makan dan minum. ”
Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, menjelaskan kebajikan dari Idul Adha dan hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Dzulhijah). إن أعظم الأيام عند الله تبارك وتعالى يوم النحر ثم يوم القر

“Sesungguhnya yang paling dihormati di sisi Allah Tabaroka wa Ta’ala adalah hari Idul Adha dan Yaumul qorr (hari Tasyrik). ”

Dikatakan Yaumul Qor karena pada saat itu tinggal para peziarah di Mina. Jika ditentukan pada keunggulan Tasyrik tiga hari ini, maka yang terbaik di antara ketiganya adalah hari Tasyrik pertama, lalu yang kedua, dan yang terakhir adalah hari ketiga.

Hari Idul Adha dan Hari Tasyrik, Memiliki Hari Yang Menyenangkan Untuk Makan MakananNabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, bahwa Idul Adha dan hari Muslim Tasyrik adalah untuk menikmati makanan. Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata,

أيام التشريق أيام أكل وشرب

“Hari ini adalah hari-ke-hari Tasyrik menikmati makanan dan minuman. ”

Pada hari Tasyrik mengumpulkan berbagai badaniyah nikmat dengan makan dan minum, ada juga nikmat qolbiyah (nikmat hati) dengan dzikir Allah. Jenis terbaik adalah sering berdzikir dan bersyukur. Dengan begitu nikmat akan sempurna.Makan dan Minum di Hari Tasyrik untuk Memperkuat Ibadah

Hari Tasyrik disebut hari makan dan minum, serta mengingat Tuhan. Ini adalah tanda bahwa makan dan minum pada hari-hari libur seperti ini dapat membantu kita melakukan dzikir dan kepatuhan kepada-Nya. Dengan ini rasa syukur yang sempurna untuk nikmat karena dapat membantu melakukan ketaatan kepada Tuhan. Oleh karena itu, siapa pun yang menggunakan kemurahan hati Tuhan untuk terlibat dalam amoral, yang berarti dia harus dengan nikmat kufur.

Itu yang dapat dirangkum InfoNews hari Tasyrik Mengapa tidak cepat, jika ada kesalahan silahkan perbaiki halaman komentar.


Semoga kita diberi kesehatan dan keuatan oleh Tuhan untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menahan diri dari larangan-larangan-Nya. aamiin

Makna Hari Tasyrik
Maksud Hari Tasyrik
Makna Hari Tasyrik Adalah
Apa Makna Hari Tasyrik
Arti dan Makna Hari Tasyrik


Post a Comment

0 Comments